Fungsi Database Excel

Fungsi Database di Excell

Haloo,, 
kembali lagi nih bisa ada waktu buat posting blog, kali ini saya ingin membahas tentang fungsi database dalam Microsoft Excell. Pengertian Database adalah  kumpulan berbagai data dan informasi yang tersimpan dan tersusun di dalam komputer secara sistematik yang dapat diperiksa, diolah atau dimanipulasi dengan menggunakan program komputer untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut. Kembali ke fungsi Database dalam Microsoft Excell, fungsi Database digunakan dalam menganalisis data pada database dan juga untuk mempermudah perhitungan dan pencarian data dalam sebuah range berbentuk database

Beberapa fungsi database antara lain :

  1. Fungsi DAVERAGE: Mengembalikan rata-rata dari entri database yang dipilih
  2. Fungsi DCOUNT: Menghitung sel yang berisi angka dalam database
  3. Fungsi DCOUNTA: Menghitung sel yang tidak kosong dalam database
  4. Fungsi DGET: Mengekstrak satu rekaman dari database yang cocok dengan kriteria tertentu
  5. Fungsi DMAX: Mengembalikan nilai maksimum dari entri database yang dipilih
  6. Fungsi DMIN: Mengembalikan nilai minimum dari entri database yang dipilih
  7. Fungsi DPRODUCT: Mengalikan nilai dalam bidang rekaman tertentu yang cocok dengan kriteria dalam database
  8. Fungsi DSUM: Menambahkan jumlah dalam kolom bidang rekaman dalam database yang cocok dengan kriteria.

Ok, kita coba untuk memperaktekan fungsi-fungsi tersebut kedalam studi kasus dibawah ini :



diatas ada sebuah tabel Data Pegawai PT. X yang berisi Kode pegawai, Nama Pegawai, Divisi, Gaji Pokok, Kode Status, Kode Status, Kode Jabatan dan Pendidikan. kita akan membuat sebuah rekapitulasi Total gaji, Rata-Rata Gaji, Gaji Tertinggi dan Jumlah Pegawai



Ok pertama kita bahas tentang total gaji dari divisi Finance. untuk total gaji kita menggunakan fungsi DSUM yang berfungsi menambahkan jumlah dalam kolom bidang rekaman dalam database yang cocok dengan kriteria. 

Rumus :
=DSUM(DATABASE,FIELD,CRITERIA)
Caranya di sel B3 di bagian rekapitulasi gaji pegawai kita ketik rumus =DSUM(, kemudian block database data pegawai X dari A2:G14; kemudian pilih field GAJI POKOK di database data pegawai X; lalu block DIVISI dengan finance di rekapitulasi gaji pegawai dan akhiri dengan tutup kurung maka sel akan menampilkan data dari total gaji divisi finance.


Kedua kita akan bahas tentang rata-rata gaji dari divisi finance, untuk rata-rata gaji kita gunakan fungsi DAVERAGE yang berfungsi menghitung rata-rata dalam bidang rekaman dalam database yang cocok dengan kriteria.

Rumus :
=DAVERAGE(DATABASE,FIELD,CRITERIA)

Caranya kurang lebih sama dengan fungsi DSUM diatas hanya kita gunakan rumus =DAVERAGE( lalu blok database, pilih field gaji pokok di database, block divisi dengan finance di rekapitulasi gaji lalu akhiri dengan tutup kurung, mudahkan ?

Ketiga kita akan mencari gaji tertinggi di divisi finance
Rumus :
=DMAX(DATABASE,FIELD,CRITERIA)

Caranya sama juga seperti fungsi DSUM dan DAVERAGE diatas

Terakhir kita akan menghitung  jumlah pegawai di divisi finance dengan rumus
Rumus :
=DCOUNT(DATABASE,FIELD,CRITERIA)



Setelah divisi Finance terisi maka kita akan mengisi divisi purcashing dan sales, namun bila kita melakukan copy drag ke bawah seperti rumus excel seperti biasa maka hasilnya akan seperti ini :


itu karena pada pemilihan kriteria pada rumus tidak cocok maka dari itu harus dilakukan cara yang lain untuk mengisinya yaitu dengan what if analysis. Caranya yuk teman-teman ikuti cara berikut ini :

1. Block tabel isi dari tabel rekapitulasi gaji pegawai semuanya



2.Kemudian ke tab Data lalu pilih what if analysis


3. pilih data table


4. Nanti akan muncul dialog box data table, lalu arahkan kursor ke colomn Input cell lalu klik cell finance kemudian klik OK



5. Setelah klik OK maka bagian purcashing dan sales akan otomatis terisi

Nahh begitulah teman-teman, mudahkan untuk fungsi Database ini ?. Ok cukup sekian yaa pembahasan Fungsi Excel kali ini, mungkin dilain waktu kita akan sambung tutorial lain lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

My Work at PT. INDOCITRA WIDHITAMA INDUSTRIES

Fungsi-Fungsi dalam Microsoft Excell